Masyarakat Sipil dan DPRD Desak Pemkab Lima Puluh Kota Transparan Penanganan COVID-19.

Limapuluh Kota.sikoci.com- Berdasarkan informasi pers dari Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, ...

Limapuluh Kota.sikoci.com- Berdasarkan informasi pers dari Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Andani Eka Putra dalam wawancara vidcon bersama wartawan, Rabu (6/5), " Pemkab Limapuluh Kota menjadi salah satu daerah di Sumbar yang tidak mengirim sampel spesimen warga ODP untuk dilakukan pemeriksaan pool test, sebagai upaya penanganan virus covid-19. Ada apa ya ?

Kondisi tersebut, Aktivis Masyarakat Sipil dan Anak Nagari Luak Limopuluah, Muhammad Bayu Vesky, murka dan mendesak pemkab Limapuluh Kota melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dapat bersikap terbuka dan transparan dalam memberikan informasi publik. 


Sementara, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, melalui media berkali-kali mengklaim, jika daerah Luak Nan Bungsu masih zero kasus Corona.
"Pemkab Limapuluh Kota, dalam hal ini, Dinas Kesehatan di bawah pimpinan Bu Kadis Kesehatan 50 Kota, supaya memberi informasi kepada publik. Apalagi ini berkaitan dengan rencana riset kesehatan," kata Bayu dalam diskusi publik di WAG Melawan Corona Payakumbuh-Limapuluh Kota, Kamis (7/5).  Dirinya mempertanyakan alasan serta penyebab belum dikirimnya 100 sampel spesimen yang diminta oleh Pemprov Sumbar.

Ia memastikan, akan mendukung penuh semangat Bupati utk zero covid 19 di Limapuluh Kota.  "Tapi kami tidak akan membiarkan terjadinya ketidaktransparansian, yang berakibat adanya indikasi menutup-nutupi informasi. Menjadi tidak lucu, sampel tak dikirim, lalu kita teriak-teriak zero.  ," tegas Bayu.

Dia juga meminta agar Bupati mengevaluasi kinerja Humas Pemkab. Karena, sampai kini belum ada inisiatif bagian humas untuk melakukan teleconfrence terkait pemberian keterangan secara resmi ke publik.  Padahal, Humas merupakan corong Pemerintah Daerah dalam menjalankan KIP, bersama Kominfo. Pihaknya juga mendorong Pemkab, agar memintas sebelum hanyut. 

Dalam artian, memberi 100 sampel yang diminta Pemprov.  "Berdoa saja kita, agar semua baik-baik saja ," ucapnya. Bayu juga meminta Pemda tidak terkesan kelimpungan menghadapi wabah covid-19. Sebab kalau Pemda panik, masyarakat juga akan panik. Jika ini terjadi, maka penyakit akan lebih mudah datang. Termasuk memberikan informasi yang cukup, perihal bantuan yang sudah dikucurkan.

Asal usul anggaran, jumlahnya, kuota dan lain-lain.  "Yang jelas, terus dukung penuh Satgas Covid 19 Limapuluh Kota, dalam menjalankan misi kemanusiaan melawan covid 19," imbuh Bayu. 

Terpisah, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra  mendukung kebijakan provinsi melakukan pool test, sebagai pedoman langkah kebijakan penanganan covid-19 di daerah."Pool test swab terhadap OTG itu dilakukan agar mengidentifikasi tingkat penyebaran virus di suatu daerah.

Langkah ini juga sebagai upaya mempercepat memutus mata rantai penyebaran virus, termasuk di Limapuluh Kota," kata Deni Asra. 

Dia juga menyorot, lambannya Tim Gugus Tugas membuat kebijakan serta mengambil langkah-langkah penanganan. Salah satunya, adanya keterlambatan pengiriman sampel untuk pool test, yang sifatnya sangat mendesak.

"Seperti kita lihat di lapangan, Limapuluh Kota sangat rentan terjangkit, karena berada di sekitar zona merah. Bidang-bidang gugus tugas perlu ada tupoksi yang jelas, terutama dalam memberi informasi ke masyarakat," sebut Deni. (rel/ei)

Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,1,LimapuluhKota,4,Payakumbuh,29,Pembangunan,1,Sumbar,2,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: Masyarakat Sipil dan DPRD Desak Pemkab Lima Puluh Kota Transparan Penanganan COVID-19.
Masyarakat Sipil dan DPRD Desak Pemkab Lima Puluh Kota Transparan Penanganan COVID-19.
https://1.bp.blogspot.com/-9vM2UuMU0W8/XrT8M1g0S2I/AAAAAAAAYMM/1EhoTIWbaxgZVbrnU-_T0F5_9cqyZbqQgCLcBGAsYHQ/s320/20200508_131833.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9vM2UuMU0W8/XrT8M1g0S2I/AAAAAAAAYMM/1EhoTIWbaxgZVbrnU-_T0F5_9cqyZbqQgCLcBGAsYHQ/s72-c/20200508_131833.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2020/05/masyarakat-sipil-dan-dprd-desak-pemkab.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2020/05/masyarakat-sipil-dan-dprd-desak-pemkab.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy