DLH Lindungi Pasukan Kuning, Tetap Jalankan Protap Covid-19

Payakumbuh.sikoci.com - Payakumbuh belum sepenuhnya terbebas dari Covid-19. Soalnya masih ada beberapa warga yang berstatus Orang Tanpa Gej...

Payakumbuh.sikoci.com - Payakumbuh belum sepenuhnya terbebas dari Covid-19. Soalnya masih ada beberapa warga yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan melakukan isolasi mandiri. Makanya Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh masih tetap menjalankan protap Covid-19, agar melindungi pasukan kuning (personil lapangan dalam mengumpulkan sampah) terkait masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dafrul Pasi, Senin (15/6) di ruang kerjanya kantor LH kecamatan Payakumbuh Barat, mengatakan, walaupun sekarang Kota Payakumbuh sudah memasuki Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNBPAC) bukan berarti virus tersebut menjadi tidak berbahaya.

"Untuk sampah masyarakat yang masih berstatus ODP dan OTG itu masih menjadi tanggung jawab kita untuk memungut sampahnya, untuk itu kita masih menerapkan SOP bagi personil dilapangan dengan memakai APD agar mereka terlindungi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dafrul Pasi.

Dafrul menyebut sampah medis dari masyarakat yang berstatus ODP serta OTG tergolong kepada sampah Infeksius, karena berkorelasi dengan Covid-19, maka sampahnya harus dipisah dengan sampah rumah tangga biasa.

"Untuk sampah Infeksius ini kita memfasilitasi transportasinya khusus masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan selanjutnya kita antar ke TPS limbah B3 yang ada di Puskesmas yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan," ucap dafrul.

Untuk produksi sampah sendiri dikatakan Dafrul saat ini terjadi penurunan dibandingkan masa menjelang berakhirnya PSBB.

"Produksi sampah yang paling tinggi terjadi saat klaster (YA, 58 tahun), dikarenakan banyak yang melakukan isolasi mandiri yang mana produksi sampah sekitar 30 kg/hari," ujarnya.

Untuk kelancaran proses pemungutan sampah bagi masyarakat yang melakukan isolasi, Dafrul sebutkan pihaknya selalu didukung oleh TNI dan Polri.

"Kami atas nama Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Polri atas bantuannya kepada personil kita dilapangan dan untuk data masyarakat yang berstatus ODP dan OTG kita selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan," pungkas Dafrul. (EB)

Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,7,LimapuluhKota,4,Payakumbuh,50,Pembangunan,1,Sumbar,3,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: DLH Lindungi Pasukan Kuning, Tetap Jalankan Protap Covid-19
DLH Lindungi Pasukan Kuning, Tetap Jalankan Protap Covid-19
https://4.bp.blogspot.com/-w9pK91Q65ww/Xub6CEVbXrI/AAAAAAAAaBc/rmKDPmAQImImm77HmZ7JgFnvlNAeyALLgCLcBGAsYHQ/s640/IMG_20200615_111007.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-w9pK91Q65ww/Xub6CEVbXrI/AAAAAAAAaBc/rmKDPmAQImImm77HmZ7JgFnvlNAeyALLgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200615_111007.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2020/06/dlh-lindungi-pasukan-kuning-tetap_95.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2020/06/dlh-lindungi-pasukan-kuning-tetap_95.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy