Rekomendasi DPRD Payakumbuh Percepatan Penanganan Covid-19 Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan Kritisi Arahan Lisan Wako Terkait Penarikan Bansos

Payakumbuh.sikoci.com- Rekomendasi DPRD Kota Payakumbuh Tentang Percepatan Penanganan Covid-19 Kepada Pemko Payakumbuh disampaikan oleh jur...



Payakumbuh.sikoci.com-Rekomendasi DPRD Kota Payakumbuh Tentang Percepatan Penanganan Covid-19 Kepada Pemko Payakumbuh disampaikan oleh juru bicara DPRD Suparman di Aula Sidang DPRD Kota Payakumbuh, Senin (15/6), agaknya kritisi Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan dan Fraksi Golkar perlu diapresiasi.

Pasalnya, rekomendasi DPRD yang disampaikan oleh Suparman dari Fraksi PKS, dihadiri Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, dan anggota DPRD lainnya. Turut hadir SKPD terkait, Camat, Ketua LKAAM, serta KAN dan LPM se Kota Payakumbuh.

Melalui mekanisme pembahasan bersama antara Pansus 1, Pansus 2, dan Pansus 3 dengan Tim Gugus Tugas dan Stake Holder, maka kami dari Fraksi NasDem Bintang Perjuangan beranggotakan Ismet Harius, Yanuar Gazali, Syafrizal, dan Ahmad Ridha menyampaikan catatan,

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan sebagai berikut :

Fraksi NasDem Bintang Perjuangan menghormati seluruh catatan dan rekomendasi yang telah disampaikan oleh Pansus.1, Pansus.2 dan Pansus.3 DPRD Kota Payakumbuh.

Fraksi NasDem Bintang Perjuangan menyampaikan Apresiasi, ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid ’19 Kota Payakumbuh, Forkopimda, TNI & Polri, Bapak Kapolres beserta jajaran, Bapak Dandim beserta jajaran, Bapak Kajari beserta jajaran, serta seluruh pihak dan masyarakat Kota Payakumbuh yang tanpa kenal lelah telah melaksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya, semoga menjadi nilai ibadah bagi kita semua.. Aamiin ya robbal ‘aalamiin.

Pro Kontra dalam pelaksanaan tugas karena beda sudut pandang adalah hal yang wajar, namun pada hakikatnya kami menilai bahwa kita semua sangat menyayangi warga masyarakat Kota Payakumbuh. “basilang kayu dalam tungku – makonyo nasi bisa masak”

Terlepas dari bahaya, ada tidak adanya virus corona, secara umum kami menilai bahwa sisi positif pandemi Covid ’19 telah menggugah sanubari kita bahwa Allah SWT adalah Penguasa Seluruh Alam, Allah Maha Besar, tidak ada yang berdaya tanpa pertongan-Nya. semoga pandemi ini cepat berakhir, dan semoga dengan pandemi ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita pada Sang Pencipta.

Dilain sisi, pandemi Covid ’19 telah menggugah rasa persaudaraan dan solidaritas kita semua, bantuan mengalir dari segala lini, nilai-nilai persaudaraan terlihat sangat nyata, hal-hal inilah yang wajib kita lestarikan untuk kemaslahatan dan kemajuan kita bersama.

Kami sangat mendukung pembentukan Perda dan atau Perwako sekaitan dengan penerapan Gaya Hidup Baru (New Normal) di Kota Payakumbuh, sehingga Tim Gugus Tugas dan Masyarakat memiliki Landasan Yuridis yang kuat dalam berprilaku dan bertindak menuju Kehidupan yang lebih baik.

Kami mengkritisi arahan lisan dari Walikota Payakumbuh kepada para Camat dan Lurah yang mengeksekusi BLT dari Pemerintah Pusat pada masyarakat, ada Lurah yang meminta undangan dari Kantor Pos, ada Lurah yang meminta kembali Dana BLT pada masyarakat yang telah dibukukan oleh Kantor Pos, ada Camat yang mengumpulkan Dana BLT Pusat tanpa Regulasi dan Juknis yang jelas, kami menilai ini adalah perbuatan melawan hukum dan tindakan semena-mena, bahkan bisa saja disebut pungutan liar.

Pungutan tersebut seyogyanya dikembalikan pada yang bersangkutan, karena sampai hari ini Pemerintah Pusat belum menerbitkan regulasi pencabutan BLT untuk Pensiunan dan THL. Hal menarik lainnya adalah THL kita yang berdomisili diluar Kota Payakumbuh tetap menerima BLT dari Pemerintah Pusat.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Golkar sebagai berikut :

Setelah membaca laporan Pansus I,II dan III maka Fraksi Partai Golkar yang beranggotakan Ketua Badan Kehormatan DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Maharnis Zul, dan Wirman Putra menyampaikan pendapat kesimpulannya sebagai berikut : Gugus tugas segera mencairkan dana Jaringan Pengamanan Sosial agar tidak menimbulkan gejolak sosial di tengah-tengah masyarakat yang berdampak sangat tidak menguntungkan.

Fraksi Partai Golkar menyampaikan soal penerima jaringan Pengaman Sosial jangan diperdebatkan tetapi ambil logika dan diterima akal sehat, yang tahu mengerti dan punya rakyat adalah Lurah, RT, RW. Sebaiknya data dari RT,RW dan Kelurahan dipakai agar tepat sasaran.

Fraksi Partai Golkar sekali lagi tidak ada intervensi Dewan kepada Tugas, tanggung jawab serta kebijakan Gugus Tugas tetapi sebaliknya hanya mengingatkan mitra kerja agar terjadi sinergi yang harmonis dan mesra. Timbulnya salah pengertian karena adanya laporan yang berlebihan menurut pendapatnya sendiri. Dan ini yang sering terjadi.

Tidak perlu alergi dengan Pansus bukan untuk menjatuhkan Gugus Tugas / Walikota tetapi ada sesuatu menurut pandangan Dewan ada yang perlu diselesaikan dengan tepat dan tuntas. Jadi mari kita bangun kebersamaan untuk Payakumbuh tercinta ini.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan:

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Payakumbuh dan Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Sekda, OPD terkait, Camat dan Lurah, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan se-Kota Payakumbuh stakeholders lainnya, atas kerjasama yang baik dalam rangka pembahasan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Hal ini tentu saja karena kita mempunyai pandangan dan komitmen yang sama, mudah-mudahan semangat kemitraan ini semakin terjalin secara positif dalam rangka mengemban dan menjalankan amanah rakyat Kota Payakumbuh.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan meyakini bahwa berdasarkan pembahasan-pembahasan yang dilakukan, melalui rapat kerja dan hearing tersebut telah menyimpulkan sesuatu yang bermanfaat terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyakakat seperti musibah Covid 19 ini.

Dan kami yakin pula, jika nanti datang lagi musibah yang sama maka masyarakat akan lebih siap mengantisipasi dan menghadapinya. Apalagi di antara kabupaten/kota di Sumbar, proses percepatan pemutusan rantai pandemi Covid 19 Kota Payakumbuh adalah yang terbaik.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan merekomendasikan agar semua tenaga medis sukarela yang berjumlah 43 orang yang telah mengabdi untuk pandemi Covid 19 diapresiasi dengan mengangkat menjadi Tenaga Harian Lepas (THL). Begitu pula kepada tim di Kelurahan seperti LPM, RW, RT, dan stakeholder lainnya kalau memungkinkan Pemko Payakumbuh juga diharapkan memberikan tambahan honor selain yang mereka terima setiap tahun dalam jumlah yang masih minim.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memandang perlu Pemko Payakumbuh mempunyai Perda/Perwako sebagai regulasi dalam penanganan musibah yang tidak diketahui kapan datang dan perginya seperti Covid 19 ini.

Berdasarkan kesimpulan Pansus II yang membidangi Dampak Sosial dan Ekonomi maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memberikan penguatan beberapa hal yakni : Pemerintah Kota Payakumbuh diharapkan lebih maksimal dalam memahami dan melaksanakan amanat Perpu nomor 01 tahun 2020 dan Pemendagri Nomor 20 Tahun 2020 khusus dalam Percepatan dan Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi.

Berdasarkan tahapan pembahasan yang dilakukan oleh Pansus II maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan tidak mempersoalkan masalah identifikasi, verifikasi dan validasi data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak Covid 19, tetapi kami mendorong agar calon penerima yang benar-benar berhak di cairkan lebih dulu walaupun pemutakhiran data masih berlangsung.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mendorong untuk menaikkan nominal bantuan yang akan diterima mereka yang terdampak menjadi Rp. 500.000,- per bulan per KK sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Berdasarkan kesimpulan Pansus III yang membidangi Pembatasan Sosial Berskala Besar, maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memberikan pendapat sebagai berikut : Apa yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas dalam PSBB Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengapresiasi secara menyeluruh mulai dari 3 Posko Utama, 8 Posko tambahan setiap Puskesmas karena telah bekerja secara maksimal.

Kepada seluruh jajaran di Tingkat Kelurahan mulai dari Kepala Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM, TP PKK, RW, RT, Karang Taruna, Relawan dan Stakholder lainnya Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik dalam penanganan musibah Covid 19.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional.

Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional, desuai dengan hasil rapat-rapat Pansus dengan berbagai elemen masyarakat yang terkait dengan pengurusan covid 19 ini, maka Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional yang beranggotakan Opetnawati, Zainir, dan Mesrawati menyampaikan pendapat sebagai berikut : Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional yang mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah Kota Payakumbuh, Tim Gugus Tugas Covid 19, Polri, TNI, Pol PP serta OPD Kota Payakumbuh dalam rangka pemutusan rantai penyebaran covid 19 di Kota Payakumbuh dan mendukung segala kebijakan yang dapat membantu percepatan penyelesaian masalah covid 19 di Kota Payakumbuh.

Dalam menerapkan new normal, kita harus konsisten berpegang kepada protokol kesehatan kapan dan dimanapun berada.

Ini perlu menjadi perhatian kita bersama, karena kami melihat di beberapa tempat yang ada kerumunan orang banyak, telah mulai terjadi pelemahan kewaspadaan, termasuk mulai lengangnya posko-posko pengamanan covid 19 dan belum sepenuhnya masyarakat menggunakan masker kemanapun bepergian.

Sesungguhnya Pemerintah Kota Payakumbuh telah memperoleh legalisasi yang kuat dan sah dengan dikeluarkannya Perpu dan Permendagri untuk percepatan pencegahan covid-19 ini, namun Pemerintah Kota Payakumbuh belum maksimal melaksanakan amanat dari UU tersebut.

Kami berharap agar segera merealisasikan bantuan sesuai dengan data yang telah diverivali oleh kelurahan dan Pemerintah Kota Payakumbuh, minimal sama dengan bantuan dari pusat, yaitu sebesar Rp 600.000 per KK per bulan.

Melalui kesepakatan kita bersama, Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional mendukung bila diperlukan lagi pergeseran anggaran, demi lebih cepatnya penanganan covid 19 di Kota Payakumbuh.

Kami mengharapkan, kiranya kita tidak boleh kendor dalam perjuangan pengentasan Covid 19 ini, bila perlu dilakukan edukasi dalam ajakan kepada masyarakat, baharui spanduk-spanduk peringatan dan ajakan, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, agar masyarakat kita tetap aman dari pandemi ini.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Partai Demokrat:

Sedangkan Fraksi Partai Demokrat yang beranggotakan Wakil Ketua DPRD Armen Faindal, Joko Purwanto, dan Fahlevi Mazni menyampaikan beberapa catatan sebagai Pendapat fraksi sebagai berikut: Laporan Pansus 1 DPRD Kota Payakumbuh yang membahas tentang Percepatan Penanganan Pemutusan Rantai Corona Virus Disease (COVID-19)

Pertama Metoda pencegahan yang meliputi sosialisasi dan edukasi tentang Covid-19. Pada kenyataannya masyarakat belum cukup paham langkah pencegahan penyebaran virus corona di lingkungannya.

“Edukasi seperti protokol masuk rumah belum cukup dipahami kebanyakan warga. Masyarakat pun belum mengikuti imbauan pemerintah untuk memakai masker ketika keluar rumah. Pemahaman seperti ini penting disampaikan agar masyarakat dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungannya

Kedua penanganan medis dengan peningkatan sistem kesehatan.

Fraksi Partai Demokrat berpendapat bahwa dalam aspek penanganan medis, pemerintah harus memberi jaminan kelengkapan APD dan makan minum kepada tenaga medis. Bahkan jaminan sosial juga perlu diberikan kepada tenaga medis.

Kami juga menyarankan agar pemerintah kota dapat memberdayakan masyarakat dalam memproduksi APD yang sesuai standar kesehatan dan bisa dipakai dalam lingkup Kota Payakumbuh serta membeli produk APD dari masyarkat untuk memberikan masukan pendapatan produsen dan ketersediaan tenaga medis yang membutuhkan APD.

Ketiga anggaran yang berasal dari APBD Kota Payakumbuh termasuk dalam penyelarasan APBD dan Dana kelurahan, dapat ditingkatkan pemanfaatannya, salah satunya untuk sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkungan tempat tinggal dan kelurahan serta fasilitas pelayanan publik Fraksi Demokrat berharap agar dana yang dimiliki tersebut dapat dimanfaatkan untuk upaya percepatan penanganan Covid-19.

Selanjutnya , Fraksi Demokrat berharap setelah seluruh pihak dan seluruh sumber daya sudah dikerahkan dalam menghadapi wabah ini tentunya harus diiringi dengan doa. Maka Fraksi Demokrat mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, Allah SWT dan berdoa kepada-Nya agar masa pandemi ini segera berakhir.

Laporan Pansus 2 DPRD Kota Payakumbuh yang membahas tentang Dampak Sosial Dan Ekonomi Corona Virus Disease (COVID-19
Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia, berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid-19 telah hampir melumpuhkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia, termasuk di Kota Payakumbuh.

Dan sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan kapan wabah ini akan berakhir sehingga perlu kebijakan pemerintah untuk bisa melindungi dan menjamin keberlangsungan hidup bagi masyarakat.

Maka dari itu DPRD berinisatif untuk membentuk pansus dan sudah melalui banyak rapat dan diskusi sehingga sudah menghasilkan rekomendasi khususnya yang berdampak terhadap social dan ekonomi masyarakat.

Fraksi Partai Demokrat sependapat dan mendukung penuh apa yang sudah menjadi rekomendasi tersebut.

Laporan Pansus 3 DPRD Kota Payakumbuh yang membahas tentang Penegakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Pertama  masyarakat harus disiplin menerapkan physical distancing dan pola hidup sehat.

Sejauh ini aparat penegak hukum seperti Satpol PP telah bekerjasama dengan TNI dan POLRI untuk memantau kegiatan masyarakat agar tidak terjadi kerumunan masa. Pada intinya, masyarakat harus sadar diri menjaga dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya agar tidak saling menulari virus corona.

Untuk itu pemerintah daerah bersama pihak terkait harus selalu memberikan edukasi dan melakukan tindakan persuasive dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

Kedua Dalam menghadapi tatanan new normal diharapkan Komunikasi dan koordinasi antar semua pihak dan melibatkan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan paga nagari untuk dapat menyampaikan bahwa dengan tidak diberlakukan lagi PSBB bukan berarti kita sudah terbebas dari covid-19 dan tetap melakukan kegiatan diluar rumah harus selalu mengacu pada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Partai Gerindra :

Demikian halnya, Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Payakumbuh mengucapkan apresiasi kepada pansus 1 (satu) yang telah melakukan pembahasan yang mendalam terhadap Percepatan Penanganan Covid 19 di bidang Penanganan Pemutusan Rantai Covid 19. Apresiasi juga kami berikan kepada OPD terkait yang telah melakukan penangganan pemutusan rantai covid 19 secara maksimal dari tingkat atas hingga tingkat terendah di lingkungan kelurahan, RT dan RW.

Fraksi Partai Gerindra juga setuju dengan Pansus I bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh harus konsisten dalam penganggaran untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana serta APD sesuai aturan yang berlaku.

Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Payakumbuh juga mengapresiasi Pansus II yang telah membahas Percepatan Penanganan Covid 19 Bidang Dampak Sosial dan Ekonomi.

Sejak munculnya corona virus ini, tidak hanya menimbulkan korban jiwa tapi membawa pengaruh besar diberbagai bidang kehidupan terutama bidang sosial dan ekonomi. Mencermati hasil laporan Pansus 2 (dua), Fraksi Partai Gerindra sangat mendukung rekomendasi yang diberikan oleh pansus II tentang upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak covid 19.

Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Payakumbuh menyetujui besarnya nominal bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19 yang direkomendasikan oleh pansus II (dua). Fraksi Partai Gerindra juga mendukung dilakukan pergeseran anggaran yang telah ada jika anggaran tidak mencukupi.

Kemudian Fraksi Partai Gerindra DRPD Kota Payakumbuh mengharapkan agar dana bantuan untuk masyarakat yang terdampak covid dapat di realisasikan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh secepatnya sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat yang telah lama menunggu datangnya bantuan dana sebagai akibat terdampak covid-19.
Pemerintah Kota Payakumbuh juga perlu melakukan pemantauan ke lapangan setelah itu, terdapat kesalahpahaman di banyak kelurahan, baik itu PSM, lurah, RT dan masyarakat.

Jangan dampak dari covid ini bertambah, jangan sampai ada PSM yang dipecat sementara niat mereka tentu ingin membantu masyarakat. Perlu dilakukan evaluasi ulang oleh OPD terkait.

Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Payakumbuh menghormati dan menghargai rekomendasi dari Pansus III yang telah membahas Percepatan Penanganan Covid 19 bidang Penegakkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dilakukan di Payakumbuh selama tiga tahap sudah berakhir. Dengan dimulainya kebijakan Tatanan Baru Normal Produktif Aman Covid 19 (TBNPAC) atau New Normal setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti virus corona sudah hilang, artinya masyarakat menjalani aktivitas dengan normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Fraksi Partai Gerindra memandang bahwa pengawasan terhadap masyarakat dalam memutus rantai covid 19 harus tetap dilakukan oleh OPD terkait meskipun posko-posko mandiri dan posko covid 19 pemko yang terdapat di lima kecamatan telah ditutup.

Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Payakumbuh juga meminta kepada Tim Gugus Tugas Covid 19 untuk terus melakukan pengawasan terutama ditempat-tempat keramaian seperti pasar dan fasilitas umum (tempat ibadah, destinasi wisata, dll) dan melakukan penegakkan hukum bagi pelanggar dan tetap melakukan sosialisasi/edukasi tentang protokol kesehatan selalu dilakukan ditenggah masyarakat.

Sampai berapa lama pemberlakuan protokol kesehatan ini belum bisa dipastikan, harapan Fraksi Partai Gerindra agar tim gugus tugas covid 19 melakukan evaluasi terhadap angka penyebaran covid 19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

“Kami berpendapat bahwa dengan segala keterbatasan, baik dari segi anggaran SDM, sarana dan prasarana kita menyadari bahwa masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan, namun ini merupakan persoalan yang perlu kita cari solusi bersama. Kemudian dampak yang diakibatkan oleh wabah ini sudah menyasar semua sendi kehidupan, maka tentu prioritas utama menyelamatkan nyawa lebih di utamakan adalah langkah yang tepat dan bijak,” ujarnya.

satgas covid 19 yang telah berkerja siang dan malam serta tanpa kenal lelah dalam penanganan peneyebaran covid ini.Kemudian Fraksi PKS juga mengapresiasi hasil kerja pansus.Dimana rasa kepedulian yang tinggi terhadap pemerintah dan masyarakat.

Terkait dengan rekomendasi Pansus 1,2 dan 3 yang telah dijabarkan dalam laporan masing-masing pansus.

“Kami berpendapat bahwa dengan segala keterbatasan, baik dari segi anggaran SDM, sarana dan prasarana kita menyadari bahwa masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan, namun ini merupakan persoalan yang perlu kita cari solusi bersama. Kemudian dampak yang diakibatkan oleh wabah ini sudah menyasar semua sendi kehidupan, maka tentu prioritas utama menyelamatkan nyawa lebih di utamakan adalah langkah yang tepat dan bijak,” ujarnya.

Alhamdulillah untuk kasus yang terjadi di Kota Payakumbuh sampai saat ini tidak ada yang meninggal dunia di karenakan wabah Covid-19 ini. Kemudian baru setelah menyelamatkan nyawa manusia secara bertahap melakukan recovery terhadap bidang sosial, ekonomi dan pendidikan.

“Kita berharap solidalitas yang telah terjalin selama ini dari berbagai elemen masyarakat dengan pemerintah, polisi dan TNI dengan adanya wabah Covid-19 makin erat dan makin bersatu kedepannya dalam menyelesaikan persoalan bangsa kedepan,” tutupnya.

Pendapat dan kesimpulan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera :

Fraksi PKS yang beranggotakan Ketua DPRD Hamdi Agus, Suparman, Mustafa, Nasrul, dan Heri Iswandi mengapresiasi kerja keras dari satgas covid 19 yang telah berkerja siang dan malam serta tanpa kenal lelah dalam penanganan peneyebaran covid ini.Kemudian Fraksi PKS juga mengapresiasi hasil kerja pansus.Dimana rasa kepedulian yang tinggi terhadap pemerintah dan masyarakat.

Terkait dengan rekomendasi Pansus 1,2 dan 3 yang telah dijabarkan dalam laporan masing-masing pansus.

“Kami berpendapat bahwa dengan segala keterbatasan, baik dari segi anggaran SDM, sarana dan prasarana kita menyadari bahwa masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan, namun ini merupakan persoalan yang perlu kita cari solusi bersama. Kemudian dampak yang diakibatkan oleh wabah ini sudah menyasar semua sendi kehidupan, maka tentu prioritas utama menyelamatkan nyawa lebih di utamakan adalah langkah yang tepat dan bijak,” ujarnya.

Alhamdulillah untuk kasus yang terjadi di Kota Payakumbuh sampai saat ini tidak ada yang meninggal dunia di karenakan wabah Covid-19 ini. Kemudian baru setelah menyelamatkan nyawa manusia secara bertahap melakukan recovery terhadap bidang sosial, ekonomi dan pendidikan.

“Kita berharap solidalitas yang telah terjalin selama ini dari berbagai elemen masyarakat dengan pemerintah, polisi dan TNI dengan adanya wabah Covid-19 makin erat dan makin bersatu kedepannya dalam menyelesaikan persoalan bangsa kedepan,” tutupnya. (sukri)


Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,7,LimapuluhKota,4,Payakumbuh,50,Pembangunan,1,Sumbar,3,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: Rekomendasi DPRD Payakumbuh Percepatan Penanganan Covid-19 Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan Kritisi Arahan Lisan Wako Terkait Penarikan Bansos
Rekomendasi DPRD Payakumbuh Percepatan Penanganan Covid-19 Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan Kritisi Arahan Lisan Wako Terkait Penarikan Bansos
https://1.bp.blogspot.com/-Z0hS3DLyzgM/XufRMOuFnaI/AAAAAAAAaGE/lqf9KrFmsE4X5xTE0pkur4dpPM55HewCACK4BGAsYHg/s320/20200616_024503.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Z0hS3DLyzgM/XufRMOuFnaI/AAAAAAAAaGE/lqf9KrFmsE4X5xTE0pkur4dpPM55HewCACK4BGAsYHg/s72-c/20200616_024503.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2020/06/rekomendasi-dprd-payakumbuh-percepatan.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2020/06/rekomendasi-dprd-payakumbuh-percepatan.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy