Rezka Oktoberia, Bundokanduang Pertama Sejarah Luak Limopuluah Duduk di Senayan

Limapuluh Kota.Sikoci.com- Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota) akhirnya membuat sejarah baru. Pasalnya, seorang sosok Bund...


Limapuluh Kota.Sikoci.com-
Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota) akhirnya membuat sejarah baru. Pasalnya, seorang sosok Bundokanduang, Rezka Oktoberia menjadi sosok pertama kali menempati Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) RI di Senayan Jakarta.

Rezka Oktoberia, berasa dari Partai Demokrat, dipercaya menggantikan posisi Mulyadi yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Sumatra Barat (Sumbar) 2020. Juga diposkan di Komisi III DPR RI.

Soalnya, dunia politik bukanlah panggung baru bagi wanita yang akrab disapa Uni Rezka ini. Karena Ia mulai terjun menjadi pengurus DPP Partai Demokrat sejak 2009 di Departemen Perekonomian.

Pada 2010, ia dipercaya sebagai Kepala Biro Divisi Pendidikan dan Pelatihan. Pada 2013, Uni Rezka menjadi Pengurus Harian Departemen Luar Negeri DPP Partai Demokrat.

Pada 2014, Rezka memutuskan untuk maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) 2 meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pasaman Barat, Pasaman Timur, namun, tekad untuk memajukan kampung halaman masih terganjal.

Lantas, pada 2015 Rezka Oktoberia diberi kepercayaan sebagai Ketua DPD Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Sumatera Barat, perlihatkan totalitasnya guna berkifrah dikancah politik nasional.

Rezka juga tercatat aktif dalam berbagai organisasi mulai dari Wasekjen Barisan Massa Demokrat (BMD), Wasekjen DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) hingga Sekretaris Korwil DPD IWAPI DKI Jakarta.

Rezka memang memiliki mental pejuang, ia bahkan menjadi sosok yang berjasa membawa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Ranah Minang dengan melakukan kegiatan kuliah umum , silaturahim dengan dunsanak di Ranah Minang, melihat Kelok Sembilan dan keindahan alam Ranah Minang bersama-sama dengan anak muda Ranah Minang.

Rezka tampaknya memang menjadi tangan kanan atau orang kepercayaan AHY. Ia tercatat sebagai Deputi Operasi Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) dibawah komando AHY.

Dalam Kogasma, Rezka dipercaya sebagai Deputi Operasi Kogasma, tugas yang berat apalagi untuk seorang perempuan.

Saat AHY sengaja datang ke Ranah Minang untuk membantu kampanye pileg Rezka Oktoberia tepat nya di lapangan Danguang Danguang, AHY menyampaikan langsung dan bahkan mengkampanyekan uni Rezka sebagai tangan kanannya bidang operasi di lapangan.

Selain itu, sejak 2010 Rezka Oktoberia Srikandi Luak 50 juga sudah menjadi Pembawa Acara setiap kegiatan pak SBY di partai Demokrat. Kebanggaan tersendiri bagi puteri ranah minang ini karena saat itu Pak SBY masih menjabat sebagai Presiden RI.

Selanjutnya, Rezka tak menyerah dengan hasil minor itu, ia kembali maju sebagai Caleg dari Dapil yang sama pada 2019 meskipun sempat diunggulkan akan melenggang ke Senayan. Upaya untuk mewakili suara warga Sumbar melalui partai berlambang Mercy kembali gagal.

Meskipun demikian, harapan wanita kelahiran Kota Payakumbuh untuk memajukan kampung halaman melalui parlemen mendapatkan titik terang. Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Mulyadi memutuskan untuk maju dalam Pilgub Sumbar 2020.

Untuk mengisi kursi itu, Rezka mendapatkan amanah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggantikan Mulyadi atau pergantian antar waktu (PAW). "Hari itu merupakan hari yang bersejarah. Bukan hanya bagi saya, tetapi bagi Luak Limopuluah," kata Rezka.

Jika kita amati sejak Luak Limopuluah berdiri belum ada satupun orang yang duduk di kursi parlemen. Dalam mengemban amanahnya, rezka akan berjuang untuk menyuarakan masyarakat Sumbar dan memajukan kampung halamannya.

"Saya akan mengerahkan segala daya dan upaya saya untuk menyuarakan masyarakat Sumbar," tegasnya.

Sementara itu H. Nusirwan yang akrab disapa One Marta mengatakan dirinya menyambut baik Rezka Oktoberia berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR-RI yang menjadi tonggak sejarah bagi Luak Limo Puluah Kota.

"Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita warga Luak Limo Puluah, mari kita support sama-sama Uni Rezka," ujar H. Wan, Jumat (4/12) di Payakumbuh.(red).

Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,34,LimapuluhKota,5,Nasional,1,Padang Panjang,1,Payakumbuh,77,Pembangunan,1,Sumatera Barat,1,Sumbar,12,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: Rezka Oktoberia, Bundokanduang Pertama Sejarah Luak Limopuluah Duduk di Senayan
Rezka Oktoberia, Bundokanduang Pertama Sejarah Luak Limopuluah Duduk di Senayan
https://1.bp.blogspot.com/-K9kxJr3Sa4k/X8omLBgd7dI/AAAAAAAAjHw/KepoxdvsC3Ys8oBK-YvhCvT2u2vFSnwtQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20201203_205000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-K9kxJr3Sa4k/X8omLBgd7dI/AAAAAAAAjHw/KepoxdvsC3Ys8oBK-YvhCvT2u2vFSnwtQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20201203_205000.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2020/12/rezka-oktoberia-bundokanduang-pertama.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2020/12/rezka-oktoberia-bundokanduang-pertama.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy