Musda V DPD PAN se Sumbar. Marsanova Andesra di Unggulkan Nakhodai DPD PAN Limapuluh Kota

Sarilamak.sikoci.com- Musyawarah Daerah ( Musda) V Partai Amanat Nasional ( PAN) yang dilaksanakan serentak se Sumatera Barat secara virtual...


Sarilamak.sikoci.com-
Musyawarah Daerah ( Musda) V Partai Amanat Nasional ( PAN) yang dilaksanakan serentak se Sumatera Barat secara virtual dipimpin lansung Ketua Umum DPP Partai berlambang Matahari, H. Zulkifli Hasan, Sabtu, 23/1 berjalan lancar serta sukses.

Dari pemandangan Musda V PAN se Sumatera Barat yang disaksikan secara virtual itu, DPD PAN Kab.Limapuluh Kota yang mengajukan 11 orang kandidat Formatur pemilihan Ketua DPD masa bhakti 2020- 2025 mendatang, terpilih empat kandidat Formatur Pembentukan Struktur Pengurus DPD PAN 50 Kota, dipimpin lansung oleh Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Penetapan empat orang kandidat Formatur itu yakni, Marsanova Andesra.SH.MH dan
Akrimal Adham.SH, Faizal Dt.Songko,
Indriyani, serta Mulyadi St, oleh Ketum DPP PAN, berpesan agar melaporkan hasil kerja tim Formatur dalam waktu 3 minggu, selamanya satu bulan, usai Musda untuk menyusun struktur penggurus DPD PAN Limapuluh Kota.

Kepada media, Ketua DPD PAN Limapuluh Kota demisioner, Faisal Dt.Songko juga didampingi pengurus lain, Indriyani pra Musda V PAN se Sumbar itu, di Rumah PAN Limapuluh Kota, spontan akui Marsanova Andesra, SH.MH, juga Anggota DPRD diantara  11 kader Partai Berlambang Matahari Terbit itu, berpeluang merebut posisi Ketua DPD PAN Limapuluh Kota, masa bhakti 2020- 2025 mendatang, ujarnya.

Pasalnya, dari Visi, Misi sosok, mantan Advokat kondang itu dari paparan makalah yang diajukan untuk memenuhi syarat pada pendaftaran calon formatur/ketua DPD dengan judul “PERENCANAAN PEMENANGAN PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) DALAM PEMILU 2024 DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA”  bila DPP PAN memberi kepercayaan kepada dirinya memimpin PAN Kabupaten Lima Puluh
Kota periode 2021-2025. Dikatakan Andes, demikian panggilan akrabnya, dirinya siap mengantarkan PAN Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai partai pemenang pemilu 2024.

Dipaparkan, Pemilu menjadi salah satu tujuan utama Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjadi ukuran kinerja DPD PAN di Kabupaten Lima Puluh Kota. Salah satunya

Untuk memperoleh kursi DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota pada pemilu 2024. DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota memerlukan perencanaan yang cermat dan organisasi yang solid dengan memperhatikan kondisi internal dan ekternal yang dinamis.

Untuk itu, DPD PAN Lima Puluh Kota memerlukan seorang figur politisi yang sikap dan tindakannya akan menjadi perhatian dan penilaian publik.

Yang mana dituntut untuk mampu menyerap aspirasi dan tuntutan kebutuhan dari publik, serta membangun dan menjaga citra dirinya sendiri maupun partai.

Juga mampu memperjuangkan aspirasi dan tuntutan kebutahan konstituen khususnya dan masyarakat Lima Puluh Kota pada umumnya. Seorang politisi mempunyai dua wilayah kerja yang masing-masing saling terkait dan mendukung. Kedua wilayah kerja tersebut adalah wilayah kerja sebagai publik figur dan anggota dari satu tim kerja politik.

Seorang politisi tidak dapat bekerja sendirian karena dibelakangnya selalu ada fraksi dan partai politik. Sehingga mau tidak mau seorang politisi minimal harus selalu berkordinasi dengan fraksi dan partai politiknya.

Tetapi ketika politisi hanya bekerja di dalam tim saja maka ia tidak dapat dikenali kerjanya oleh pemilih yang telah diberi mandat. Oleh karena itu, seorang politisi harus mampu bekerja secara individu maupun dalam tim.

Dipaparkan, Kabupaten Lima Puluh Kota terdiri dari 13 Kecamatan dan 79 Nagari definitif dan 2 Nagari persiapan, dengan luas datarannya mencapai 42. 229, 64 km², dan jumlah penduduk 372.588 jiwa.

Sedangkan daftar Pemilih di Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu 248.368 jiwa, deengan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, 35 kursi.

Makanya, bila dirinya dipercaya memimpin, pada Pemilu 2024, DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan melakukan pen-caleg-an dini dengan menseleksi kader-kader partai, tokoh-tokoh masyarakat, dan figur-figur publik yang mempunyai pengaruh besar di tengah-tengah masyarakat sehingga nantinya suara PAN akan meningkat dan bisa menghasilkan
perolehan kursi di DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota.

Melihat perkembangan perpolitikan di daerah Kabupaten Lima Puluh Kota
secara khususnya dan dengan tekad kuat maka Insya Allah dia siap untuk
menggapai kejayaan kembali Partai Amanat Nasional di Kabupaten Lima Puluh Kota pada pemilu 2024.

Dipaparkan Andes, dia bersama kader PAN lainnya menargetkan 6 kursi dari 5 dapil yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota dan mengantarkan kader untuk duduk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, demikian optimisnya.

Target tersebut telah dia rencanakan
dengan membentuk kepengurusan DPD PAN yang kuat dan mempunyai semangat yang sama untuk memenangkan Pemilu 2024 yaitu dengan cara mendata figur-figur dan tokoh-tokoh masyarakat untuk dimasukkan sebagai pengurus di DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota. Serta mendata caleg-caleg yang posisi suaranya nomor 2 di partai lain saat Pemilu 2019.

Hal tersebut sudah pernah disampaikan pada pertemuan yang dilakukan dengan masing-masing mereka, dengan antusias mereka ingin bergabung dengan Partai Amanat Nasional dan siap memenangkan PAN pada Pemilu 2024.

Seperti misalnya pada dapil 2 dan 5 yang tidak mendapatkan kursi pada pemilu 2019. Manajemen DPD PAN di Kabupaten Lima Puluh Kota

Mengenai sekretariat atau kantor DPD PAN di Kabupaten Lima Puluh Kota
saat sekarang masih menyewa yang mana bangunannya sendiri tidak layak dan pantas disebut kantor partai.

Maka nantinya dengan kepengurusan yang baru periode 2021-2025 harus pindah ke bangunan yang lebih layak dan pantas. Serta, bangunan yang mempunyai parkir luas (halaman). Sebab, bagaimanapun juga masyarakat akan melihat dan menilai bentuk dan posisi letak dari kantor partai karena dilihat dari luar bagus dan kuat, tentu isinya juga bagus dan kuat.

Sehingga masyarakat senang bergabung dengan Partai Amanat Nasional. DPD PAN di Kabupaten Lima Puluh Kota bertekad dan berusaha untuk memiliki tanah milik sendiri dan tidak akan menyewa lagi kepada pihak lain.

Untuk menjalankan manajemen partai yang dikelola dengan baik, transparan, efektif, efisien, partisipatif dan modern tentunya DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan menempatkan sekretaris partai yang andal dan siap bekerja danbmampu me-manage administrasi di sekretariat DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dan yang terpenting seorang sekretaris adalah sejalan dengan visi misi dari
ketua DPD PAN, sedangkan untuk kepala sekretariat DPD PAN akan
menempatkan orang yang paham dan mengerti tentang kesekretariatan dan Kepala Sekretariat akan digaji oleh DPD PAN dan tentu kepala sekretariat akan sejalan dengan ketua dan sekretaris, tidak diperbolehkan ikut mencaleg karena harus fokus untuk bekerja di sekretariat DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota.

Tak kalah pentingnya, kepala sekretariat adalah orang yang cakap dan mampu bekerja secara manajemen yang modern. Bersama-sama dengan pengurus harian Ketua DPD PAN Kabupaten Lima
Puluh Kota akan memutuskan pelaksanaan Musyawarah Cabang kecamatan haruslah selesai dalam waktu tiga bulan setelah kepengurusan DPD dilantik atau SK-nya keluar dari DPP PAN.

Kemudian masing-masing DPC (cabang) diminta untuk dapat menyelesaikan Musyawarah Ranting (DPRT) disetiap nagari selambat-lambatnya enam bulan setelah dilantik sebagai pengurus cabang.

Pengurus ranting diminta untuk dapat membentuk rayon di setiap jorong yang ada di dalam nagari dengan waktu paling lambat tiga (3) bulan dan selanjutnya rayon pun membentuk sub-rayon di masing-masing dusun yang ada di wilayah jorong
tersebut dengan waktu satu bulan setelah rayon dibentuk.

Dari semua program pembentukan pengurus mulai dari membentuk cabang (DPC PAN) sampai terbentuknya sub-rayon PAN akan dibebankan tugas dan tanggung jawabnya kepada pengurus DPD serta caleg-caleg yang kita tunjuk nantinya di
masing-masing kecamatan atau dapilnya sewaktu maju sebagai caleg pada pemilu 2024.

Sedangkan biaya pembentukan kepengurusan cabang sampai kepada
sub-rayon ditanggung renteng oleh kas DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota, fraksi PAN DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, dan caleg-caleg yang berasal dari dapil tersebut.

Dan dibantu oleh caleg DPRD Provinsi dan caleg DPR-RI dari dapil Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kemudian dari segi pengkaderan dan Keanggotaan DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota setelah DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota selesai menyusun kepengurusan yang lengkap maka akan membentuk kepengurusan DPC-DPC disetiap kecamatan. DPC akan membentuk ranting di setiap kenagarian sebanyak 79 ranting yang difasilitasi masing-masing caleg yang berasal dari dapil tersebut.

Selanjutnya juga akan membentuk rayon dan sub-rayon di masing-masing desa yang ada di Nagari yang berjumlah lebih dari 400 desa (rayon) dan lebih dari 800 sub-rayon dengan jumlah masing-masing keanggotaan pengurus disesuaikan dengan pedoman dari DPP Partai Amanat Nasional.

Untuk semua ini tentu perlu kepengurusan yang kuat dan mau bekerja sama dengan memposisikan setiap pengurus sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dengan terbentuknya kepengurusan DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota
periode 2021-2025 yang mana jumlah kepengurusannya 50 orang, sehingga
pekerjaan utama DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan membentuk
cabang-cabang PAN di Kecamatan yaitu sebanyak 13 kecamatan dengan jumlah kepengurusan masing-masing DPC sebanyak 25 orang.

Kemudian di tahun 2021 ini DPC diharapkan membentuk DPRT PAN (Ranting) disetiap nagari dengan jumlah kepengurusan masing-masing DPRT 15 orang yaitu dengan jumlah nagari (DPRT) 79 nagari ditambah 2 nagari persiapan.

DPD PAN Kabupaten Lima Puluh
Kota tidak hanya melaksanakan pembentukan kepengurusan partai saja tapi juga akan melaksanakan dan membentuk sayap-sayap partai untuk pemenangan Pemilu 2024.

Seperti halnya membentuk antara lain:
a. DPD BM PAN yang jumlah kepengurusannya 35 orang

b. DPD PUAN (Perempuan Amanat Nasional) yang jumlah kepengurusannya 25 orang

c. Simpatik DPD yang jumlah kepengurusannya 26 orang

d. SaTaDAm (Satgas Tanggap Darurat Amanah) yang jumlah kepengurusannya 13 orang

e. Milenial PAN jumlah kepengurusannya 26 orang

f. GenRe PAN (Generasi Reformasi) jumlah kepengurusannya 26 orang.

Masing-masing kepengurusan yang telah ada ini diharapkan mampu menarik minimal 10-25 orang untuk dijadikan kader PAN dan dibuatkan KTA (Kartu Tanda Anggota) PAN.

Maka pada tahun 2021 DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota sudah ada
kader yang ber-KTA sebanyak 13.275 orang. Tahun 2022, DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota bekerja dengan kegiatan lebih giat lagi mengadakan kegiatan-kegiatan ditengah-tengah masyarakat dengan target tetap untuk memperbanyak kader PAN, yaitu mengadakan Mabita (Masa Bimbingan Calon Anggota) di setiap kecamatan (DPC PAN) sebanyak dua kali dalam setahun dengan jumlah peserta 1 kali pelaksanaan kegiatan Mabita minimal 50 orang.

Serta, DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota latihan kader Amanat Dasar pada tahun 2022 dengan momen bulan agustus bertepatan dengan Hari Ulang
Tahun PAN. DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota.

Juga memerintahkan DPC-DPC untuk melaksanakan pembentukan rayon PAN di masing-masing jorong pada wilayah kenagarian, dengan jumlah jorong di Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 401 jorong yaitu komposisi kepengurusan rayon sebanyak 10 orang/per-rayon.

Kemudian DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan mengembangkan kader PAN dengan membantu DPD BM PAN untuk melaksanakan Musyawarah Cabang BM PAN di 13 kecamatan yang ada yaitu komposisi 1 DPC BM PAN kepengurusannya sebanyak 15 orang.

Begitu pula dengan Perempuan Amanah (PUAN) DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan memfasilitasi DPD PUAN untuk melaksanakan Musyarah Cabang PUAN di masing-masing kecamatan yaitu dengan komposisi 10 orang kepengurusan DPC PUAN.

Dengan terlaksananya kegiatan DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota
tahun 2022 ini diharapkan masing-masing pengurus ataupun kader yang mengikuti Mabita dapat merekrut 3 orang untuk dijadikan kader PAN, sehingga total kader PAN pada kegiatan tahun 2022 berjumlah 16.905 kader PAN.

DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota tidak hanya melakukan pekerjaan internal, namun juga eksternal artinya DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota bersama kader akan membantu kegiatan-kegiatan bersama masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota seperti halnya gotong royong pembersihan jalan nagari-nagari, melaksanakan wirid-wirid pengajian di masjid/mushola yang ada di nagari, dan hal-hal lainnya.

Pada intinya PAN selalu ada untuk masyarakat dan akan selalu membantu masyarakat.

Pada tahun 2023, DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota akan melaksanakan
kegiatan-kegiatan kepartaian dan juga melaksanakan Mabita sebanyak dua kali kegiatan di masing-masing DPC PAN Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lantas, masing-masing DPC PAN bersama dengan DPRT dan rayon PAN membentuk sub-rayon di masing-masing dusun yang ada di wilayah jorong, yang ditargetkan 50% sama halnya dengan 800 sub-rayon dan masing-masing sub-rayon mempunyai kepengurusan sebanyak 5 orang.

DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota juga melaksanakan LKAD (Latihan Kader Amanat Dasar) PAN kedua (2)
yaitu pada bulan agustus 2023. Selanjutnya melakukan pelatihan ataupun sosialisasi mengenai aturan-aturan dan hukum yang dilaksanakan oleh LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Amanah.

Selanjutnya, DPD PAN Kabupaten Lima
Puluh Kota akan membentuk milenial PAN di masing-masing kecamatan yaitu minimal keanggotaannya 10 orang per-kecamatan.

Begitu pula dengan Generasi Reformasi PAN yang akan dikembangkan di masing-masing kecamatan yaitu minimal 10 orang per-kecamatan. Program Kerja DPD PAN Kabupaten Lima Puluh Kota, ungkap dia. ( eks)



Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,43,LimapuluhKota,11,Nasional,3,Padang Panjang,1,Payakumbuh,80,Pembangunan,1,Sumatera Barat,2,Sumbar,12,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: Musda V DPD PAN se Sumbar. Marsanova Andesra di Unggulkan Nakhodai DPD PAN Limapuluh Kota
Musda V DPD PAN se Sumbar. Marsanova Andesra di Unggulkan Nakhodai DPD PAN Limapuluh Kota
https://1.bp.blogspot.com/-J4v6G1xHPIQ/YAyGwJO3gRI/AAAAAAAAlTM/qMPcTVjVTRY7yUbnavs4sjXv7a-EQFZ_wCLcBGAsYHQ/s320/20210124_032429.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-J4v6G1xHPIQ/YAyGwJO3gRI/AAAAAAAAlTM/qMPcTVjVTRY7yUbnavs4sjXv7a-EQFZ_wCLcBGAsYHQ/s72-c/20210124_032429.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2021/01/musda-v-dpd-pan-se-sumbar-marsanova.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2021/01/musda-v-dpd-pan-se-sumbar-marsanova.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy