Bupati Safaruddin Resmikan Alek Anak Nagari Pacu Itiak Kembali di Limapuluh Kota

Payakumbuh.sikoci.com- Pasca melandainya wabah pandemi Covid-19, di Luak Limopuluah ( Kota Payakumbuh dan Kab.Limapuluh Kota- red ), alek an...


Payakumbuh.sikoci.com- Pasca melandainya wabah pandemi Covid-19, di Luak Limopuluah ( Kota Payakumbuh dan Kab.Limapuluh Kota- red ), alek anak nagari pacu itiak dibawah naungan organisasi Perkumpulan Olahraga Terbang Itiak (PORTI) Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh ini, kembali mendapat izin digelar.

Pacu itiak” permainan anak nagari dan telah jadi tradisi dan agenda pariwisata di Luak Limopuluah, yakni perlombaan kemampuan itik terbang lurus di atas udara dan mendarat pada tempat ditentukan. Uniknya hanya terdapat di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam paparannya, Ketua Ketua Reinbound Persatuan Olahraga Terbang Itik (Porti) Luak Limopuluah, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam,  bahwa dari 12 gelanggang pacu itiak yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, hanya 4 gelanggang yang boleh melaksanakan atau mendapat izin digelarnya iven pacu itiak ini.   

Dipaparkan izin tersebut adalah Gelanggang Padang Laweh, Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, yang mendapat menggelar alek perdana pacu itiak ini.

Guna mendukung sektor pariwisata sekaligus semarakan alek tradisi pacu itiak, panitia Gelanggang Padang Laweh Daulat Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo membuka secara resmi alek anak nagari yang telah menjadi tradisi itu.

Diawali dengan penyambutan seni tradisi talempong yang dimainkan para wanita lansia, Bupati Safaruddin bersama istri yang sekaligus Ketua TP.PKK Limapuluh Kota, Ibu Nevi Zulvia Safaruddin beserta rombongan diarak ke tenda kehormatan untuk kemudian disambut tari gelombang dan pasambahan oleh dara-dara cantik anak nagari Tanjung Haro.

“ Olahraga pacu itiak yang telah menjadi tradisi anak nagari ini, adalah aset yang harus dipertahankan oleh masyarakat Luak Limopuluah,” ujar Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo saat membuka alek pacu itiak tersebut, Sabtu, 2/10 kemaren.

Dikatakan, pacu itiak yang telah masuk dalam kalender pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh dan Propinsi Sumatera Barat ini, adalah permainan anak nagari yang sangat unik dan tidak dimiliki oleh daerah lain. 

“ Untuk itu olahraga pacu itiak yang telah menjadi tradisi anak nagari ini, harus dipertahankan dan terus kita dilestarikan,” ujar Bupati.

Dalam paparan orang nomor satu di Limapuluh Kota itu, "menyaksikan atraksi pacu itiak, tidak hanya menyaksikan keunikannya yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke Luak Limopuluah.

Namun filosofi yang terkandung dalam tradisi permainan anak nagari ini, tersimpan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal tentang makna kejujuran, patriotisme, hiburan dan kekerabatan yang tercermin dari tali persaudararaan.

“Nilai-nilai budaya ini punya potensi untuk dikembangkan dalam rangka mendukung sektor pariwisata, yang pada akhirnya, dapat menjadikan sumber peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Safaruddin.

Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan pacu tabang itiak ini merupakan aset yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan.

"Tahun depan Insyaallah akan kami jadikan ini sebagai kegiatan nasional, tentu kita akan menganggarkan ini di Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga," ujarnya

Selain itu, alek tradisi pacu itiak yang unik dan tidak ditemukan di daerah lain  sejak dua tahun terakhir ketika negeri ini dilanda wabah pandemi Covid-19, ivent tradisi anak nagari ini tertunda digelar.

Sementara itu, Ketua Porti Kabupaten Limapuluh Kota Sastri Andiko Dt. Putiah mengatakan pelaksanaan kegiatan ini menjadi pengikat budaya antara anak nagari di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Selain itu, menurutnya pelaksanaan kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian yang turun karena pandemi.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu kunjungan ke galanggangini meningkat dan tentunya akan berdampak langsung kepada masyarakat sekitar secara ekonomi," ujar pria yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Selain itu, ivent Pacu itiak ini telah didaftarkan menjadi iven resmi pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota maupun Kota Payakumbuh. Sedangkan kegiatan ini diharapkan nantinya dapat membuat wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara datang berkunjung menyaksikan atraksi pacu itiak ini, ungkap Dt. Putiah juga wakil rakyat itu.

Tatkala perhatian kita, pelaksanaan pacu tabangitiak ini tetap disertai protokol kesehatan yang ketat agar tidak menjadi klaster penyebaran covid-19, pungkasnya. ( Abd )
























Baca juga :

Nama

Limapuluh Kota,43,LimapuluhKota,11,Nasional,3,Padang Panjang,1,Payakumbuh,79,Pembangunan,1,Sumatera Barat,2,Sumbar,12,Tanah-Datar,1,Utama,5,
ltr
item
Sikoci: Bupati Safaruddin Resmikan Alek Anak Nagari Pacu Itiak Kembali di Limapuluh Kota
Bupati Safaruddin Resmikan Alek Anak Nagari Pacu Itiak Kembali di Limapuluh Kota
https://1.bp.blogspot.com/-tg__vUB-_Zk/YVnsQkwUlPI/AAAAAAAAsOM/z6ixOKQE8F0-OY3a4rC5F1vj3dF_1i8JgCLcBGAsYHQ/s320/20211004_002556.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tg__vUB-_Zk/YVnsQkwUlPI/AAAAAAAAsOM/z6ixOKQE8F0-OY3a4rC5F1vj3dF_1i8JgCLcBGAsYHQ/s72-c/20211004_002556.jpg
Sikoci
https://www.sikoci.com/2021/10/bupati-safaruddin-dt-bandaro-rajo.html
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/
https://www.sikoci.com/2021/10/bupati-safaruddin-dt-bandaro-rajo.html
true
7228025103535543647
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy